tugas pak waha(pengkabelan)

Kabel Straight
Kabel straight adalah istilah untuk kabel yang menggunakan standar yang sama pada kedua ujung kabelnya, bisa EIA/TIA 568A atau EIA/TIA 568B pada kedua ujung kabel

UTP

Kabel UTP itu adalah kabel khusus buat transmisi data. UTP, singkatan dari “Unshielded Twisted Pair”. Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan. Ada 5 kategori kabel UTP. Dari kategori 1 sampai kategori

UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang murah, kinerja yang ditunjukkannya juga relatif bagus. Saya disini akan memberikan solusi bagaimana cara menghapal dengan cepat dua urutan pengabelan yakni Straight dan Cross.kabel Cross digunakan untuk menghubungkan NIC dengan NIC atau Hub dengan Hub.

Tipe Cross

Untuk tipe cross itu digunakan untuk menyambungkan langsung antar dua PC, atau yang umumnya digunakan untuk menyambungkan antar hub.

Berikut ini adalah urutan pengabelan Straight :
Ujung A

  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Ujung B

  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Berikut ini adalah urutan pengabelan Cross :
Ujung A

 

  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Ujung B

1. Putih Hijau
2. Hijau
3. Putih Orange
4. Biru
5. Putih Biru
6. Orange
7. Putih Coklat
8. Coklat

Cara cepat menghapalnya adalah cukup mengingat OBIC yang artinya Orange, Biru, Ijo, Coklat. Tetapi anda harus menambahkannya dengan warna putih sebelum OBIC di urutkan.

~Kabel Crossover digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang sama NIC

~Kabel Straight-through digunakan untuk menghubungkan NIC dengan hub atau

NIC dengan switch, pc dengan router/hub/switch, dan hub dengan router.

Kabel UTP / Kabel LAN Straight atau Crossover dengan RJ-45

Pengertian jaringan adalah interkoneksi antara minimal 2 komputer atau lebih, jika anda ingin membagi/ me- share dokumen,koneksi internet, dll, dengan media Switch mungkin kebutuhan akan jaringan dapat terpenuhi. Switch adalah suatu perangkat networking yang berfungsi sebagai terminal atau muara penghubung dari seluruh kabel-kabel yang ada

Alat – Alat Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mulai Merakit Kabel

Sebelum memulai merakit, kita perlu mempersiapkan beberapa item berikut ini:

UTP Cable: Sudah pasti kita membutuhkan item ini J. Pastikan jenisnya CAT5 atau CAT6 yang merupakan standar internasional untuk kabel jaringan

Konektor RJ-45 : RJ merupakan singkatan dari (Registered Jack). Untuk kabel telepon biasanya menggunakan RJ-11, dan untuk kabel network tipenya RJ45.

Crimping Tool: Ini merupakan senjata kita dalam merakit kabel, karena dia punya kemampuan menyatukan dan menjepit kabel dengan konektor selain juga bisa dipakai untuk memotong kabel.

Cable Tester: Ini digunakan setelah kita selesai merakit kabel, berfungsi untuk mengetes apakah kabel sudah dirakit dan berfungsi dengan benar.

Penggunaan kabel straight :
menghubungkan komputer ke port biasa di Switch.
menghubungkan komputer ke port LAN modem cable/DSL.
menghubungkan port WAN router ke port LAN modem cable/DSL.
menghubungkan port LAN router ke port uplink di Switch.
menghubungkan 2 HUB/Switch dengan salah satu HUB/Switch menggunakan port uplink dan yang lainnya menggunakan port biasa

Kabel crossover
Kabel crossover menggunakan EIA/TIA 568A pada salah satu ujung kabelnya dan EIA/TIA 568B pada ujung kabel lainnya.

Untuk mengenali sebuah kabel apakah crossover ataupun straight adalah dengan hanya melihat salah satu ujung kabel. Jika urutan warna kabel pada pin 1 adalah Putih Hijau, maka kabel tersebut adalah kabel crossover (padahal jika ujung yang satunya lagi juga memiliki urutan warna yang sama yaitu Putih Hijau sebagai pin 1, maka kabel tersebut adalah kabel Straight). Tapi untungnya, kebanyakan kabel menggunakan standar EIA/TIA 568B pada kedua ujung kabelnya.

Panjang maksimum kabel UTP untuk menghubungkan computer adalah 100 meter.

 

 

 

 

 

 

Konektor RJ-45 : RJ merupakan singkatan dari (Registered Jack). Untuk kabel telepon biasanya menggunakan RJ-11, dan untuk kabel network tipenya RJ45.

  • Crimping Tool: Ini merupakan senjata kita dalam merakit kabel, karena dia punya kemampuan menyatukan dan menjepit kabel dengan konektor selain juga bisa dipakai untuk memotong kabel.

 

  • Cable Tester: Ini digunakan setelah kita selesai merakit kabel, berfungsi untuk mengetes apakah kabel sudah dirakit dan berfungsi dengan benar. Alat ini akan lebih bermanfaat jika digunakan dengan radius yang jauh dari satu ujung ke ujung yang lainnya misalnya dari lantai 1 ke lantai 10.

 

setelah dari alat-alat diatas tersedia, maka kita dapat langsung mencoba untuk mebuat kabel Cross/ straight sesuai kebutuhan, jika anda menginginkan koneksi antar 2 komputer/laptop, anda dapat membuat kabel cross, tapi jika anda menginginkan membuat kabel dengan menggunakan media switch anda dapat membuat kabel dengan pola Straight. dibawah ini akan dijelaskan mengenai cara membuat kabel cross dan straight.

secara teori seperti kabar diatas, sebelum melangkah ke urutan kabel ada kiranya saya jelaskan sedikit agar tidak terjadi kesalah pahaman ketika pemasangan kabel dengan konektor RJ-45.

diatas adalah gambar konektor RJ-45 saya menganggap RJ-45 tersebut menghadap keatas,

pada gambar diatas saya terdapat pin di RJ-45 saya menganggap RJ-45 tersebut menghadap ke bawah atau tampak belakan. Dibawah ini saya lampirkan gambar struktur kabel straight, yang biasanya dipakai untuk sambungan dari PC/Laptop ke switch atau sebaliknya, sambungan dari switch ke switch (jumper), dll.

Tampak diastas RJ-45 yang ada disebelah kiri strukturnya warna sama dengan RJ-45 disebelah kanan. (tidak ada persilangan kabel).

Untuk membuat kabel cross (persilangan) struktur warna kabelnya adalah

Tampak RJ-45 sebalah kiri menggunakan struktur warna kabel straight, kemudian RJ-45 sebelah kanan berbeda struktur warnanya dengan sebelah kiri

1. Orange putih —————— 1. Hijau putih
2. Orang ———————— 2. Hijau
3. Hijau putih ——————— 3. Orange putih
4. Biru —————————- 4. Biru
5. Biru Putih ——————— 5. Biru Putih
6. Hijau ————————– 6. Orange
7. Coklat putih —————— 7. Coklat Putih
8. Coklat ———————— 8. Coklat

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: